Sabtu, 12 Maret 2011

Empat Megalit Kembali di Temukan

* Arca tiga manusia dibelit ular, Batu dakon,
batu dolmen, dan arca manusia menunggang kerbau

PAGARALAM,– Setelah sebelumnya sempat dikabarkan adanya penemuan berupa lesung batu, tangga batu dan pemandian jaman purba di Dusun Talang Kubangan-Bandar Jaya, Kelurahan Kance Diwe, Kecamatan Dempo Selatan. Kali ini giliran warga di RT 09 RW 03 Dusun Tebing Tinggi, Kelurahan Lubuk Buntak, Kecamatan Dempo Selatan dikejutkan dengan ditemukannya empat megalit sekaligus, berupa batu dakon, batu dolmen, arca manusia menunggang kerbau dan arca tiga manusia dibelit ular.
Awang Kenantan (28), warga Dusun Tebing Tinggi mengatakan, keberadaan empat batu megalit sebenarnya telah lama diketahui warga, hanya saja selama ini kebanyakan warga sekitar tidak mengetahui dan mengenal secara pasti megalit tersebut.
“Kebanyakan megalit memang ditemukan di daerah sudut persawahan,” ujarnya seraya mengatakan batu dakon misalnya yang memiliki ukuran lebih kurang tinggi 70 cm dan lebar 2 meter pesersgi, batu dakon ini merupakan alat magic yang berfungsi pada zaman dahulu sebagai penangkal untuk mengusir roh-roh jahat.
Dimana pada bagian dua lobang dipakai untuk menaruh ramu-ramuan buat penangkal roh-roh jahat tersebut, pada zaman dahulu sengaja diletakkan di sudut-sudut sawah di ujung-ujung perkebunan untuk menangkal roh-roh jahat tadi.
Batu Dolmen (meja batu, red) sedangkan bahasa besemahnya batu niru ( sama seperti batu dakon meja batu ini memiliki ukuran lebir kurang tinggi 70 cm dan lebar 2 meter pesersgi, fungsinya sebagai tempat upacara, meja batu ini khusus tempat duduk kepala suku zaman dahulu, misalnya ada orang jaman dahulu meninggal diletakkan di atas meja batu, kemudian dilakukan upacara untuk selanjutnya dilakukan penguburan.
Megalit manusia menunggang kerbau memiliki ketinggian 3 meter dan lebar keliling 2 meter, adapun mengenai sejarahnya ada dua persepsi, pertama menurut mitos pada saat akan melakukan bercocok tanam di sawah si pahit lidah lewat dan memanggilnya, tetapi tidak mendengar maka dikutuklah menjadi batu.
Sedangkan Megalit tiga manusia dibelit ular secara mitos orang tiga ini lagi nunggu jemur padi di sawah, akan tetapi mereka melakukan hubungan diluar nikah, maka kena kutuk pada saat mereka melakukan hubungan di luar nikah ini mereka dibelit ular.
Secara ilmiah batu megalit ini merupakan hasil ukiran seni pahat orang jaman dahulu, dimana tujuan didirikannya peninggalan ini untuk mengenang atau mengingatkan roh-roh jaman dahulu, sebagai medium penghormatan.
“Untuk Megalit manusi menunggang kerbau dan didilit ular ini kondisinya rusak akibat tangan-tangan jahil, dimana kepalanya hilang,” Kesemua peninggalan batu megalit ini saat ini dalam kondisi terawat dan terjaga dengan baik.
“Kita berharap kepada pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam dapat melakukan pembangunan berupa atap dan pemagaran, papan merk objek wisata, jalan setapak menuju ke situs tersebut,” tukasnya seraya mengatakan Balai Arkeologi sendiri sudah dilaporkan warga terkait adanya Megalit ini.
Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Pagaralam Drs H Syafruddin Msi mengungkapkan, pihaknya akan mendata situs Megalit yang baru ditemukan tersebut, dan akan mengusulkan usulan dari masyarakat yang ada agar lokasi ini diperbaiki.
“Kita akan mengusulkan lokasi yang ada agar diperbaiki seperti yang dipinta warga, agar lokasi ini dapat menjadi objek wisata baru di kota Pagaralam,” terang Syafrudin seraya mengatakan Pagaralam memang kaya akan megalit yang tersbear di sejumlah wilayah. (rom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar