Sabtu, 12 Maret 2011

Arkeolog Belanda Bakal Teliti Megalit Pagaralam

PAGARALAM,Peneliti dari Nederlands Instituut Voor Oorlogsdocumentatic (Netherlands Institut For War Documentatitio) bakal melakukan penelitian sejumlah temuan baru maupun lama Megalit-megalit baik Arca, Punden Berundak ataupun jenis lainnya di kota Pagaralam dalam waktu dekat.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Drs H Syafruddin Msi didampingi Kabid Seni dan Budaya kota Pagaralam M Helmi Se MM mengakui, Tim pendahulu dari Universitas Belanda ini sudah datang dan bertemu dengan pihaknya yakni dr. Martijn Eickhoff.
"Dokter bidang arkeologi dari IVO ini sudah menemui kita, dimana mereka berencana akan mendatangkan tim peneliti langsung dari Belanda pada bulan Juni atau Juli ini," tegasnya seraya mengatakan penelitian batu-batu Megalit yang banyak tersebar di Pagaralam dan sekitarnya ini hanya satu-satunya di dunia.
Rencananya Tim ini akan membuat buku khusus tentang Megalit yang tersebar di kota Pagaralam sekitarnya. mereka tertarik dengan temuan-temuan baru Megalit yang dalam beberapa bulan terakhir diberitakan oleh media massa di Sumsel dan Indonesia ini. "Mereka sangat tertarik dengan hal ini, karena memang bidang mereka," bebernya.
Pemkot Pagaralam sangat berterimah kasih jika memang benda-benda Masa Megalit ini di teliti dan diketahui apa yang dikandung dan terkandung dari berbagai macam bentuk benda Megalit yang ditemukan di kota ini.
Sementara itu dalam kesempatan yang ada Peneliti Belanda tersebut mengakui, dirinya sudah ke dua kalinya datang ke Pagaralam. Namun untuk benar-benar penelitian dengan tim yang mumpuni baru akan dilakukan pada bulan Juni dan Juli ditahun 2011 ini. "Kami sudah dua kali ke Pagaralam dan kami berharap dengan adanya penelitian ini dapat lebih memperkenalkan Pagaralam ke Dunia dengan temuan yang sangat menakjubkan ini," ungkapnya dengan bahasa Ingris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar