Rabu, 23 Februari 2011

Worksop Jurnalistik di Pagaralam

Dinas pendidikan kota pagaralam bekerjasama dengan KKN Unsri membuat pelatihan jurnalistik untuk siswa SMA. Total ada 100 lebih siswa ikutan. Mereka datang dari berbagai sekolah yang ada di pagaralam, seperti SMA 1, SMA Muhammadiyah,PGRI dan lainnya. Aku menjadi instruktur. Aku punya kesan mendalam terhadap pelatihan ini.
Para peserta workshop ditempatkan dalam sebuah Aula kecamatan di dempo tengah. Dalam pelatihan tersebut aku menjelaskan sebuah materi “Menjadi Kaya Dari Menulis” sengaja aku memilih materi ini karena aku tidak ingin menjebak mereka dengan teori-teori jurnalistik sehingga membuat mereka menjadi malas untuk menulis materi ini aku berikan untuk memberikan mereka motivasi agar mereka mau menulis apapun dari hal yang terdekat dengan kehidupan mereka sehari-hari.
Ada yang menarik dari pelatihan tersebut ada peserta yang bertanya kepadaku bagaimana cara membunuh rasa malas?dan ada pula yang bertanya bagaimana mengawali sebuah tulisan?pertanyaan yang sering terdengar bahkan aku pun pernah menanyakan hal ini waktu masih mahasiswa dulu.
Ada yang membuatku terkesan saat memberikan pelatihan tersebut semua peserta terlihat antusian dengan materi yang kusampaikan tidak sedikit yang bertanya lagi pula untuk pertama kalinya aku memberikan materi jurnalistik dan dihadapkan dengan ratusan siswa, guru-guru dan ada juga dari pihak dinas pendidikan.
Hal ini memberikanku pengalaman dan juga kebahagiaan tersendiri bagiku tidak pernah terbayangkan kalau aku bisa memberikan materi untuk adik-adik perwakilan SMA-SMA Se kota pagaralam dan tanpa kusadari aku mampu memberikan materi tanpa gugup sedikitpun.dan ini aku jadikan sebuah pengalaman yang sangat berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar